Jumat, 23 November 2012

Tekhnik Blogging - Kenapa PageRank Blog Saya Tidak Naik ?


Beberapa waktu yang lalu di awal agustus 2012, Google telah mengumumkan kenaikan PageRank untuk semua website. Oke, sebelum membahas lebih jauh, mari kita berkenalan dahulu dengan PageRank. Nah sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan PageRank ?. Secara garis besar, pagerank merupakan sebuah algoritma yang dibuat oleh duo pendiri google yakni Larry Page dan Sergey Brin yang memiliki fungsi untuk menentukan situs web mana yang lebih penting/populer.

PageRank sendiri biasanya di perbaharui setiap 3 atau 4 kali pertahun. Di kalangan blogger, kenaikan sebuag PageRank adalah sebuah pencapaian yang menyenangkan. Kenaikan PR pula yang membuat blogger semakin giat untuk menekuni dunia blogging. Namun untuk sebagian kalangan blogger pasti pernah merasakan PageRank Blognya tidak naik. Padahal mereka sudah melakukan optimasi-optimasi SEO guna menaikan nilai PR blognya. Oke mari kita lihat kenapa PR blog kita tidak naik.

Benarkah PageRank hanya tergantung pada Incoming Link ?

Jawabannya adalah tidak !. Benar jika PageRank merupakan suatu skala pada banyaknya jumlah link do follow kedalam suatu situs. Namun jika itu satu-satunya faktor, lantas kenapa ada beberapa blog yang memiliki incoming link yang tinggi tetapi PR-nya tetap atau bahkan turun ? sedangkan blog dengan hanya beberapa link memiliki PR yang tinggi ?

Robot Google hanya meneliti 3 faktor untuk menentukan PageRank blog yakni :
  • Jumlah Link yang masuk ke blog kamu

  • Seimbangkan antara link yang masuk dan keluar

  • Penggunaan PageRank

Baiklah akan saya jelaskan satu-persatu.

1. Jumlah Link yang masuk ke blog kamu

Google memeriksa dunia Web setiap sepersekian detik dan menjelajah halaman indeks di dalam databsenya secara terus menerus. Mereka memeriksa setiap kontne blog satu persatu dan membandingkannya dengan konten di blog lainnya. Tentunya Google juga mengkategorikan setiap konten tersebut entah itu konten yang baik atau buruk, postingan yang melanggar hak cipta, postingan lama dan lain sebagainya.

Saat  situs kamu kaya akan konten yang bagus dan memiliki PR lebih dari 2, Spider bot google mulai tertarik kepada blog yang kamu kelola dan mulai memberikan "hadiah" entah itu berupa kenaikan PR ataupun kenaikan peringkat di mesin pencari. Perhatikan tabel di bawah ini, dan anggaplah PR kamu mulai dari 0. Kemudian berapa link yang harus kamu cari di masing-masing website yang PR-nya lebih tinggi dari blog kamu. Tentunya hal ini akan memberikan dampak untuk PR kamu suatu saat nanti.


PageRank Suatu Website yang kamu taruh Link.Dampak Yang dihasilkan dari menaruh link di website disamping
PR 0.0
  • Dibutuhkan 50 link atau lebih dari PR 0  untuk mendapatkan PR 1
PR 1.0
  • 5-10 link dari blog ber-PR 1 akan memberikan blog kamu ber-PR1
PR 2.0
  • Jika kamu mendapatkan 1 link dari PR2, maka blog kamu akan mendapatkan PR1
  • Namun jika 5 link, akan memberikan kamu PR2
PR 3.0
  • Jika kamu mendapatkan 1 link dari PR3, maka blog kamu akan dapat PR 1 or PR2
  • Kalau kamu dapat 5 link dari PR3, maka blog kamu akan dapat PR2
PR 4.0
  • 1 link blog kamu dari ber-PR4, kamu akan dapat PR2 di blog kamu
  • 5 link dari blog ber-PR4, kamu akan dapatkan PR3 di blog kamu
  • Jika 15 link dari blog ber-PR4, kamu akan dapatkan PR4 pula di blog kamu
PR 5.0
  • 1 Link dari Blog ber-PR5, akan memberikan kamu PR2 atau 3
  • Jika lebih dari 1 link dari blog ber-PR5, saya belum bisa memastikan akan mendapatkan berapa PR
PR 6.0
  • 1 link dari blog ber-PR6, akan memberikan kamu PR3 untuk blog kamu
  • 2 link dari blog ber-PR6, akan memberikan kamu PR4 untuk blog kamu
  • Jika lebih dari 1 link dari blog ber-PR6, saya belum bisa memastikan akan mendapatkan berapa PR

Salah satu cara untuk mendapatkan link masukan tersebut, tentu saja dengan menjadi penulis tamu. Banyak dari Ahli SEO dunia menyarankan para blogger untuk menjadi penulis tamu di suatu blog yang ber-PR lebih tinggi. Jadi inilah salah satu faktor kenapa PageRank blog kamu tetap, walaupun blog kamu menghasilkan 50 link tetapi jika itu hanya dari blog ber-PR0, maka hasilnya akan sama saja. tetapi jika kamu mendapatkan 1 link saja dari blog ber-PR3 atau 4. Maka hasilnya akan berbeda. Inilah mengapa blog yang kamu kelola tidak mengalami kenaikan PageRank.

Baca postingan tentang blog Do Follow Ber-PageRank Tinggi disini :

2. Seimbangkan Antara link masuk dan keluar

Menyeimbangkan antara link yang masuk dan keluar memang harus di perhatikan. Maksud dari link masuk adalah link yang menghubungkan lalu lintas pengunjung menuju blog kamu. Sedangkan link keluar adalah link yang menghubungkan pengunjung keluar dari blog kamu. Gunakanlah link keluar atau link external hanya ketika dibutuhkan.

Loh kenapa saat dibutuhkan ? karena saat kamu menaruh link eksternal, secara tidak langsung kamu akan berbagi PR dengan situs tersebut. Link keluar selalu lebih banyak dari link yang masuk. Usahakan untuk tetap menjaga keseimbangan link keluar blog kamu. . Ini memang salah satu strategi optimasi terbaik yang sangat dianjurkan.
Contohnya begini, misalkan jumlah link yang masuk ke blog kamu hanyalah 100 namun link eksternal yang kamu miliki adalah 10.000. Hal ini menyebabkan PageRank blog kamu tidak naik atau bahkan turun. Jika link masuk adalah 100 dan link keluar adalah 10.000 maka kemungkinan penurunan PR tertentu. Lalu, apakah ada cara untuk tetap menjadi link keluar blog kita ? tentu saja ada, yakni menggunakan Tag Nofollow. Tag Nofollow memang memungkinkan para pembaca untuk mengunjungi link tersebut. Namun Robot Google tidak akan menjelajahinya.

3. Penggunaan PageRank

Nah, maksud dari penggunaan PageRank adalah kegiatan yang dilakukan entah itu untuk menyebar konten negatif atau positif dengan status pagerank yang kamu miliki. Contohnya begini, jika kamu membuat konten yang negatif, melanggar hak cipta, copas tentunya pagerank kamu akan tetap atau bahkan cenderung turun.

Google juga mencari tahu beberapa situs ber-Pagerank tinggi yang menjual link mereka hanya untuk uang. Biasanya menjual link untuk digunakan sebagai link pembangun.

2 komentar:

fakta gila mengatakan...

oh gitu ya

agen jelly gamat gold-g mengatakan...

terima kasih bang infonya

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Created By Hafis JF