Jumat, 23 November 2012

Tekhnik Blogging - Cara Mendapatkan Google Sitelink Dengan Cepat


google-sitelinks-hzndi


Pernah mendengar istilah Google Sitelink ? ituloh yang tampilannya seperti pada gambar diatas. Sitelink sendiri berguna untuk memudahkan pengunjung kamu dalam mengakses semua konten yang ada di blog kamu. Oh iya sampai lupa, sebelum membahas lebih jauh tentang Google Sitelink, mari kita pelajari sedikit pengertian dari Google Sitelink.

Apa Itu Google Sitelink

Sebagian blogger masih ada yang belum tahu tentang Google Sitelink. Oke, Google Sitelink adalah semacam link yang saling beterkaitan yang diberikan kepada google untuk suatu blog tertentu. Sitelink sendiri bisa memudahkan pengunjung karena akan menghemat waktu pencarian dari pengunjung dalam mencari artikel pada suatu blog. Contohnya begini, ketika saya mengetik keyword "hzndi" (tanpa tanda kutip) maka secara otomatis google akan menampilkan semua konten yang berasal dari hzndi secara terstruktur. 

Google juga hanya akan menampilkan sitelink yang mereka pikir berguna untuk pengguna, jika pemilik blog tidak mengijinkan alogrima google untuk mengecek blog tersebut, maka sitelink tidak akan ditampilkan. 
Mungkin untuk lebih jelasnya bisa kamu lihat gambar di bawah ini.

sitelink+google

Nah kalau kalian sudah melihatnya, pati kalian tidak akan asing lagi dengan apa yang saya jelaskan diatas. Itulah yang disebut dengan google sitelink. Oke cukup basa-basinya mari kita bahas bagaimana mendapatkan sitelink dari google seperti gambar diatas.

Bagaimana Cara Mendapatkan Google Sitelink Dengan Cepat.

Menurut pengalaman saya sendiri, untuk mendapatkan sitelink dari google ini tergantung dari jumlah pengunjung yang datang. Dan untuk mendapatkan pengunjung yang banyak, tentu harus menerapkan keyword yang efektif sehingga nantinya blog kita lah yang di kunjungi oleh si pencari. Dahulu juga saya sempay memiliki blog, dan hanya dalam waktu 2 bulan saja langsung mendapatkan sitelink dari google namun blog saya yang ini cukup lama untuk mendapatkannya sekitar 6 bulan baru mendapatkan sitelink. Langsung saja bisa kamu lihat langkah-langkahnya di bawah ini :

1. Submit Website ke Mesin Pencari

Langkah pertama untuk mendapatkan sitelink adalah mendaftarkan blog kamu ke mesin pencari seperti Google, Bing dan Yahoo. Beberapa waktu yang lalu pun saya sudah memberi tahu caranya, bisa kamu lihat di bawah ini :
2. Menggunakan Google Webmaster

Gunakan Tools dari Google yakni Google Webmaster untuk mengecek kesehatan blog kamu. Menggunakan Google Webmaster juga berfungsi untuk meningkatkan performa dari blog kamu dan meminimalisir kesalahan-kesalahan pada blog di mesin pencari

3. Submit Sitemap

Langkah ketiga adalah mendaftarkan Sitemap blog kamu kemesin pencari, hal ini juga pernah saya bahas habis di postingan sebelumnya. Kamu bisa melihat caranya di sini :

Cara submit sitemap ke Google Secara Manual :

1. Pergi ke situs Google Webmaster
2. Klik Masuk ke layanan Webmaster, kemudian Login dengan akun gmail kamu
3. Klik pada blog kamu --> Pilih "Pengoptimalan" -->kemudian kamu pilih "Peta Situs".
4. Klik "Tambahkan/Uji Peta Situs" --> lalu kamu masukkan salah kode di bawah ini kedalam kotak tersebut. Ingat masukkannya sesuai dengan jumlah postingan kamu yah.

Untuk Postingan dengan jumlah kurang dari 500
atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

Untuk Postingan dengan jumlah lebih dari 500
atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=500

Untuk Postingan dengan jumlah kurang dari 1000
atom.xml?redirect=false&start-index=1000&max-results=500

Untuk Postingan dengan jumlah lebih dari 1000 
atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=500

5. Kemudian kamu klik "Mengirim Peta Situs".

Mungkin postingan tentang sitemap akan berguna, silakan baca di bawah ini :


4. Meta Tag

Meta Tag juga menjadi acuan untuk mendapatkan pagerank, pastikan kamu memiliki meta tag deskripsi, keyword yang sesuai dengan isi blog kamu. Hal ini pun telah saya jelaskan di postingan sebelumnya, untuk lebih jelasnya kamu bisa lihat di postingan di bawah ini :

5. Periksa dan Hapus Link yang Rusak

Memeriksa link yang rusak dan menghapusnya. Dengan menghapus link yang rusak akan membantu kamu lebih cepat mendapatkan Sitelink dari Google. Ada banyak alat di Internet yang bisa kamu gunakan untuk memeriksa link rusak yang ada di blog kamu. Beberapanya ada di bawah ini :
6. Mengurangi Kesalahan HTML

Kurangilah kode2 HTML error yang ada d blog kamu karena Google menginginkan blog kamu bersih dan rapi. Semakin sedikit maka semakin cepat dapat sitelink dari google. Kalau blog saya ini errornya cukup banyak makanya agak lama untuk mendapatkannnya yakni sekitar 6 bulan hehehe. Oh iya untuk mengecek apakah ada kode HTMl yang error atau tidak bisa kamu gunakan tools dari W3C HTML Validation Service ini.

7. Mengurangi Kesalahan CSS

Penjelasannya sama seperti kesalahan HTML, namun kali ini untuk yang CSS, kamu bisa cek disini W3 CSS Validation Service.

8. Gunakan Blog Berplatform Blogger

Bukannya saya meremehkan platform wordpress dan platform blog lainnya, namun blog yang berplatform blogger akan lebih mudah mendapatkan Sitelink Google karena blogger sendiri kan punya google pastinya akan lebih mendahulukan produknya sendiri dari produk selain milik Google. Untuk perbandingan antara Blogger dan Wordpress sudah saya bahas di postingan di bawah ini :
9. Judul Blog Yang Unik

Nah, kalau yang ini juga penting, gunakanlah judul yang unik untuk blog kamu. Tujuannya adalah untuk mendapatkan hasil yang lebih baik di mesin pencari. Kalau judul blog kamu sama saja dengan blog lain, tentu persaingan akan lebih berat dan persentase pengunjung yang mengunjungi blog kamu akan biasa-biasa saja.

10. Hindari Pemasangan Widget Terlalu Banyak

Well, Kalau yang ini kalian pastinya tahu tujuannya untuk apa, Tak lain adalah untuk mempercepat waktu load blog kamu. Bukan cuma pegunjung blog yang benci waktu load yang lama. Robot Google juga benci dengan blog yang ber-loading lama.

Baca juga :

11. Gunakan Anchor Teks dan Alt Teks

Gunakanlah anchor teks yang informatif, efisien dan hindari pengulangan dalam penggunaan anchor teks di blog.  Hal ini dilakukan juga untuk membangun kualitas sitelink yang bagus dari google.

12. Konten yang Berguna

Inilah hal yang paling penting, konten adalah raja. Usahakan untuk membuat konten yang bagus, padat, dan berisi yang tidak membuat pengunjung blog kamu bosan. Manjakan pengunjung blog kamu dengan konten-konten yang bermanfaat serta mendidik. Untuk tips dalam penulisan artikel blog, kamu bisa baca di bawah ini :
Kesimpulan

Itulah sekedar tips-tips untuk mendapatkan Sitelink dari Google yang bisa saya berikan, mungkin diantar apengunjung ada tips yang lebih jitu dan akurat untuk mendapatkan Sitelink dari Google ? silakan kalian share tips kalian di kotak komentar :)


(Sorry COPAS)

7 komentar:

Belajar Lewat Google mengatakan...

wah mantapa, salam kenal sob jagan lp kunjungan baliknya

Hafis JF mengatakan...

YAA...

Edyn Laskar mengatakan...

Maaf nih sob,, cuman mengingatkan,, klo copas disertakan ama link sumbernya biar narasumber bisa puas atas keryanya karena ada timbal baliknya,,,

salam blogger

Hafis JF mengatakan...

yayayaa....

Ahmadi Tanjung mengatakan...

infodariom.blogspot.com

SILOKER mengatakan...

Dulu blog saya pernah mendapatkan site link, tapi sekarang tampilan sitelink nya jadi aneh.. tolong bantuanya mas..

mantau mengatakan...

nice info mas bro, salam kenal :D

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Created By Hafis JF