Jumat, 23 November 2012

Tekhnik Blogging - 10 Tips Mantap Untuk Meningkatkan Trafik Organik


Dalam hal SEO, kita sudah mengenal berbagai macam istilah. Entah itu PageRankAlexa RankBacklink, SERP. dan lain sebagainya. Dan diantara itu semua ada salah satu poin penting di dalam SEO, yakni Organic Traffic atau dalam bahasa Indonesianya Trafik Organik. Apakah kalian pernah mendengar istilah Trafik Organik ? well, bagi yang sudah lama berkecimpung di dunia blog, pastinya pernah mendengar tentang istilah ini dan masih yang masih baru tentu akan terdengar cukup "aneh". Baiklah, tidak perlu khawatir, di postingan ini saya akan membahas sedikit tentang apa itu trafik organik, bagaimana cara mendapatkannya dan bagaimana meningkatkannya demi kepopuleran situs yang kita kelola. Perhatikan di bawah ini.

Pengertian Trafik Organik

Menurut Wikipedia, Segala lalu intas web yang asalanya dari mesin pencari maupun situs direktori di sebut dengan trafik organik. Oke jika kamu masih bingung, istilah lainnya begini, Trafik Organik adalah Segala trafik web yang di kirim ke website kamu melalu mesin pencari seperti google/bing karena mereka menyukai konten yang ada pada blog kamu. 

Proses Terjadinya Sebuah Trafik Organik

Proses awal terjadinya trafik organik adalah saat kamu mendaftarkan situs kamu baik ke google, bing, ask ataupun  ke situs direktori seperti dmoz.org. Setelah situs kamu terdaftar, robot-robot mesin pencari mulai mengindeks blog kamu mulai dari homepage, internal link, tag meta dll. Kemudian robot mesin pencari tersebut akan menyimpan data hasil penindeksannya ke dalam databasenya. Yang mana database tersebut akan digunakan sebagai informasi yang akan ditampilkan ke pencari informasi. 

Misalnya begini, saat kamu mengetik kata "sepakbola", google akan menampilkan berbagai informasi yang relevan tentang sepakbola. Google mendapatkan informasi tersebut dari hasil pengindeksan robot mesin pencari. Semakin banyak trafik organik suatu pengunjung kepada suatu blog, maka semakin besar kesempatan blog tersebut merangkak naik ke hasil pencarian paling atas di mesin pencari.

Baca Juga :

Cara Mendapatkan Trafik Organik

Sebenarnya cara untuk mendapatkan trafik organik yang tinggi tidaklah sulit. Kita hanya diharuskan membuat konten yang unik dan berkualitas, desain blog yang nyaman, link pembangun yang kuat. Jika kesemuanya terpenuhi, maka hasil trafik organik pun akan bisa kamu dapatkan. Namun tidak semudah itu untuk mendapatkan trafik organik yang tinggi. Oke tidak perlu khawatir, karena saya akan membeberkan beberapa tips untuk membangun trafik organik yang tinggi untuk blog/web kesayangan kamu.

Baca Juga :

Tips Mendapatkan Trafik Organik yang Tinggi

Mari kita lihat beberapa tips dan trik untuk mendapatkan trafik organik yang tinggi di bawah ini :

1. Tulislah Artikel yang Paling Baru dan Unik

Yup, google sayang dengan blog yang menulis artikel yang unik dan berkualitas. Maksudnya unik tentu kalian sudah tahu yakni berbeda dengan yang lain. Terserah kamu ingin menulis tentang apa. Entah itu tentang sosial budaya, politik, olahraga, teknologi dan lain sebagainya. Jika artikel yang kamu buat top markotop dan bagus, bukan hanya google yang suka dengan situs kamu, tetapi para pengunjung blog kamu. Mereka akan betah berlama-lama di blog kamu dan tidak ragu untuk membagikan artikel kamu kepada temannya. Usahakanlah dalam menulis artikel menggunakan bahasa yang dapat dimengerti dan pembawaan santai, atau kamu bisa melihat berbagai macam tips menulis artikel disini.

2. Disiplin dan Konsisten

Hal ini memang agak sulit untuk dilakukan blogger. Banyak dari blogger yang pada awalnya menggebu-gebu saat pertama kali masuk ke dunia blog, lalu loyo hanya dalam beberapa minggu saja. Konsistensi penulisan artikel sangatlah di perlukan, usahakannlah untuk memperbaharui blog dengan postingan terbaru minimal 2-3 postingan seminggu atau jika kamu bisa, postinglah 1 buah artikel setiap hari. Hal ini akan menunjukan kepada para pengunjung blog kamu bahwa kamu serius dan konsisten di dalam dunia blog ini. Apalagi jika postingan yang kamu tulis sangat bermanfaat, tentunya mereka akan menunggu terus postingan terbaru blog kamu.

Baca Juga :

3. Ramahlah Terhadap Pengunjung

Bersikap ramah kepada pengunjung bisa ditunjukan dengan menjawab pertanyaan mereka, membalas komentar dan testimoni mereka, serta mengunjungi kembali blog mereka jika mereka punya. Jika kamu ramah terhadap para pengunjung kamu, tentunya mereka akan berkali-kali mengunjungi blog kamu setiap hari dan mereka pun akan menjadi pembaca setia blog kamu.

4. Gunakan Jejaring Sosial

Kendala yang dihadapi para blogger pemula adalah mereka tidak dapat bersaing di keyword dengan blog yang sudah populer. Hal ini pula lah yang menyebabkan pengunjung di blog baru cenderung sepi. Namun hal ini bisa diatasi dengan menggunakan jejaring sosial yang ada. Well, saya yakin 7 dari 10 orang mempunyai akun jejaring sosial. Promosikanlah blog kamu di jejaring sosial seperti facebook dan twitter, hal ini akan sangat efektif dalam membangun trafik organik.

Baca Juga :

5. Pilihlah Keyword yang Tepat

Seperti yang sudah saya bilang diatas, hampir mustahil untuk bersaing dalam keyword dengan blog yang sudah populer. Carilah keyword yang tepat untuk blog kamu. Kamu bisa menggunakan tool keyword gratis dari google yakni Google Adword keyword finder Tool. Carilah keyword yang berdaya saing cukup rendah, namun cukup dicari. Taruhlah keyword-keyword tersebut di dalam judul postingan kamu, tag meta deskripsi blog kamu, atau tag meta keyword blog kamu. Penaruhan keyword-keyword tersebut biasa di namakan dengan kerapatan keyword atau keyword density.

Baca Juga :

6. Gunakan Judul Artikel yang Menarik

Weiitss, jangan salah, penggunaan judul artikel juga mempengaruhi trafik organik loh ! mau bukti ? sekarang contohnya begini, jika kamu mencari informasi tentang "foto" di google, kemudian google menampilkan beberapa postingan, dan ada 2 postingan yang berjudul "Foto Artis Ibukota" dengan "Foto Hot Artis Ibukota", mana yang akan kamu pilih ? pastinya lebih "penasaran" dengan judul yang kedua bukan ?. Zaman sekarang banyak juga blogger yang menerapkan teknik ini. Padahal setelah dibuka, isi postingannya biasa-biasa saja. Ingat ! jika kamu ingin trafik organik naik, pakailah tips ini, namun jangan sampai menipu pengunjung juga yah hehehe :p

7. Share Artikel Kamu

Ingin postingan kamu dibaca orang tetapi kamu sendiri tidak membagikannya. Mulailah membagikan artikel blog kamu agar bisa di baca banyak orang. Dan tambahkan widget social sharing di bawah postingan agar pengunjung juga bisa ikut membagikannya. Namun ingat juga, saat membagikan artikel jangan spam yah !

Baca Juga :

8. Menjadi Penulis Tamu

Di beberapa artikel saya, saya sudah sangat sering menegaskan hal ini. Menulis blog untuk orang lain bukanlah hal yang buruk, bahkan bisa di bilang bisa menjadi ajang untuk pembuktian diri bagi kamu. Jika kamu belum pernah menjadi penulis tamu, carilah blog yang sedang mencari penulis tamu di blognya dengan minimal blog yang akan kamu tulis artikelnya memiliki kategori yang sama dengan blog kamu. Jika artikel yang kamu tulis bagus, pengunjung pun akan berdatangan ke blog kamu melalui link yang ditaruh di bawah artikel. Tepatnya di dalam biografi penulis.

9. Perhatikan Desain Blog

Memperhatikan desain blog juga hal yang penting. Mana ada orang yang ingin berkunjung ke suatu blog jika blog tersebut hanya berisi iklan-iklan yang tidak jelas, tidak rapi, loadingnya berat dan tidak menarik ? pastinya orang tersebut akan langsung menutup blog tersebut. Pilihlah desain blog yang nyaman bagi pengunjung dan juga bagi mesin pencari. Desainlah blog yang tidak terlalu berat, simpel, namun terlihat menarik. Gunakanlah widget secukupnya dan jangan terlalu lebay dalam memasang widget-widget hehe 

10. Giveaway

Hadiah, siapa orang di dunia ini yang tidak suka dengan hadiah (kecuali hadiahnya bom :p) ? rasanya tidak ada. Kamu bisa mengadakan sayembara atau hadiah bulanan di blog kamu. Hal ini dimaksudkan guna membangun lalu lintas pengunjung tentunya. Semakin banyak pengunjung yang kamu dapatkan, semakin tinggi pula trafik organik yang di dapatkan.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips dan trik yang bisa saya berikan dalam membangun trafik organik. Usahakanlah untuk mengerjakan kesemuanya, atau minimal 7 dari tips diatas. Dan saya sangat yakin, jika kamu sudah menerapkan cara diatas, trafik pengunjung kamu akan meningkat drastis. 

Jika kalian punya tips selain tips diatas, jangan ragu untuk membagikannya di kotak komentar. May Allah Subhanahu wata'ala Bless you :)

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Created By Hafis JF