Rabu, 12 Desember 2012

Tips n Trick - Membuat Daftar Isi Otomatis


Sudah sejak lama saya ingin sekali menulis tentang Membuat Daftar Isi Blog Otomatis ini, akan tetapi ada saja kendala karena keterbatasan waktu. Nah, pada kesempatan kali ini berhubungan saya pun sedang libur, saya akan mempostingnya untuk Anda. Daftar isi blog otomatis kali ini berbeda dengan sebelumnya, baik tampilan maupun script yang akan digunakan, saya pribadi lebih suka dengan daftar ini (content) karena bisa menampilkan seluruh judul postingan dan dikelompokkan sesuai dengan label masing-masing judul. Jadi kalau postingan kita buat tanpa menggunakan label, besar kemungkinan judul postingan tidak akan muncul didalam daftar ini.

Agar tidak bingung tentang membuat daftar isi blog yang akan saya terangkan, silahkan Anda klik disini  menarik bukan?. Nah, perlu saya jelaskan tentang manfaat daftar isi ini, bahwa daftar isi akan membantu blog anda untuk lebih banyak dikunjungi dalam segi halamannya. Jadi, ketika visitor atau pengunjung blog Anda sudah membaca salah satu artikel dalam blog dan artikel itu menarik, maka pengunjung akan mencari artikel menarik atau artikel terkait leinnya. Hal ini menyebabkan besar kemunkinan visitor akan sering berkunjung ke blog Anda.

Sama halnya dengan sebuah buku, jika sebuah buku tidak memiliki daftar isi maka pembaca buku tersebut akan kebingungan mencari halaman dalam buku tersebut. Hasilnya buku tersebut pun diabaikan dan dilupakan. Sekarang sudah jelaskan tentang manfaat membuat daftar isi blog ? Sekarang bagaimana cara membuat daftas isi blog otomatis ? yuk kita simak tutorial dibawah ini.

Berikut ini langkah-langkahnya :

1. Masuk ke account blogger anda
2. Pilih tata letak/layout
3. Pilih tambah gadget
4. Pilih HTML/javascript.
5. Beri Judul Dafar isi atau judul sesuai dengan keinginan sobat
6.. Kopas kode di bawah ini

<script src="http://zenixs.net/daftarisi.js">
</script>
<script src="http://namabloganda.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc">
</script>

7. Terbitkan Entri.

Namun jika Anda ingin membuat daftar isi menggunakan fungsi scroll, ada beberapa kode yang harus ditambahkan seperti dibawah ini :


<div style="overflow:auto;width:430px;height:120px;padding:10px;border:1px solid #eee"><script style="text/javascript" src="http://zenixs.net/daftarisi.js"></script><script src="http://namabloganda.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&alt=json-in-script&callback=loadtoc"></script>
</div>

Keterangan :

  • Ganti tulisan yang berwana merah dengan nama blog Anda
  • Sesuaikan tinggi scroll dengan merubah height:120px   sesuai keingingan Anda
  • Sesuikan lebar scroll dengan merubah width:430px sesuai dengan keinginan Anda.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Created By Hafis JF