Sabtu, 24 November 2012

Artikel - 4 Destinasi Keren di Sekitar Semarang



Sebagai ibukota Provinsi Jawa Tengah, Semarang punya beragam destinasi wisata. Akan tetapi, jika Anda menetap lebih lama di Semarang, maka wajib untuk berkunjung ke destinasi di sekitarnya. Dari museum bersejarah hingga pulau cantik.
Berikut 5 destinasi keren di sekitar Semarang:

1. Karimunjawa, Jepara

Siapa yang tidak kenal Karimunjawa? Terletak di lepas pantai Kota Jepara, kepulauan ini adalah tempat favoritnya anak muda. Dari Semarang, Anda harus memulai perjalanan dari Pelabuhan Tanjung Mas dan menyeberang ke Karimunjawa dengan kapal cepat KMC Kartini. Dengan biaya sekitar Rp 150.000-200.000, perjalanan akan memakan waktu lebih dari 3 jam untuk tiba di sana.
Karimunjawa memiliki banyak pulau cantik, seperti Pulau Cemara Besar dengan pasir putih yang sangat lembut di garis pantainya dan memiliki gradasi lautan biru, Pulau Menjangan Besar dengan penangkaran hiu yang terkenal, Pulau Tengah yang terdapat Pulau Gosong Tengah yang unik, karena berupa daratan kecil dengan pasir putih, dan masih banyak lagi.
Snorkeling, diving, atau bermain-main di pantai-pantainya menjadi kegiatan utama di sini. Masih belum puas? Sunset di Tanjung Gelam akan menutup hari Anda dengan sempurna di Karimunjawa.

2. Masjid Agung Demak, Demak

Masjid Agung Demak merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia. Masjid ini pun tak lepas dari peranan Wali Songo dalam menyebarkan ajaran agama Islam. Masjid Agung Demak berjarak sekitar 26 km dari Semarang. Perjalanan melalui jalur darat pun memakan waktu sekitar 1 jam lebih dari Semarang, tidak jauh.
Masjid Agung Demak terletak di Jl Sultan Fatah No 57, Demak. Masjid ini adalah saksi berkembangnya ajaran Islam di Indonesia. Di sinilah, para Wali Songo berkumpul dan membahas cara penyebaran agama Islam. Anda akan mendapatkan informasi tentang Wali Songo yang lengkap di sini.
Selain itu, bentuk bangunan Masjid Agung Demak sangat unik dan berbeda dengan bangunan masjid pada umumnya. Masjid Agung Demak memiliki atap limas susun tiga yang mirip dengan rumah Joglo. Ternyata, atap tiga tingkat ini ternyata memiliki makna tersendiri, yaitu iman, ihsan, dan Islam. Dengan didominasi oleh material kayu, Anda akan merasakan kesejukan dan ketenangan hati saat datang ke masjid ini.

3. Museum Kereta Api Ambarawa, Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa adalah 'mesin waktu' untuk kembali ke masa lalu. Museun ini aslinya adalah stasiun yang digunakan Belanda untuk dalam kependudukannya di Pulau Jawa. Stasiun ini telah berdiri sejak tahun 1873. Wow!
Museum Kereta Api Ambarawa terletak di Jl Stasiun Ambarawa No 1, Ambarawa, Jawa Tengah. Dari Kota Semarang, Anda dapat naik mobil sekitar 1 jam untuk tiba di sana.
Di dalam museum terdapat banyak koleksi yang antik, seperti aneka lokomotif tua serta peralatan stasiun kereta. Semua itu adalah asli peninggalan kolonial Belanda. Untuk mengenal lebih dekat museum ini, ada penjelasan tentang sejarah museum di dinding-dindingnya.
Perhatikan juga jadwal kereta uap yang terkadang dioperasikan. Siap-siap kembali ke masa lalu!

4. Museum Kretek Kudus, Kudus

Ada satu museum di Kudus yang wajib didatangi oleh pecinta produk asli Indonesia, yaitu Museum kretek Kudus. Museum ini menampilkan sejarah pembuatan rokok kretek dan dioramanya. Ada sejarah panjang tentang rokok kretek asli Indonesia di sini.
Museum Kretek Kudus terletak di Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati Kudus, Kabupaten Kudus. Dari Kota Semarang, perjalanan ke museum ini memakan waktu sekitar 2 jam. Museum ini letaknya tidak jauh dari jalan utama perbatasan Kudus dan Demak. Museum ini pun sudah ada sejak tahun 1986.
Museum ini memiliki luas sekitar 2 hektar. Ada banyak koleksi alat untuk memproduksi rokok kretek di dalam museum, seperti alat giling cengkeh, mesin giling tembakau, alat perajang tembakau, dan masih banyak lagi. Selain itu, ada diorama pembuatan rokok kretek dan pemasaran atau penjualan rokok. Anda dapat melihat bagaimana proses pengumpulan tembakau, proses penghancuran, pemadatan dan penggilingan. Seru!

Bagi Anda yang ingin jalan-jalan ke sekitar Semarang, empat tempat tersebut wajib untuk didatangi. Siapkan kamera, dijamin Anda akan terpukau saat berkunjung ke tempat-tempat tersebut. Selamat traveling!

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Created By Hafis JF