Sabtu, 06 Oktober 2012

Softgame - Sepak Bola Kertas Bekas


Sepak Bola Kertas Bekas

Sepak Bola Kertas Bekas
“Memanfaatkan kertas bekas untuk menciptakan mainan kreatif dan seru!”
Sepak Bola Kertas Bekas. Dirumah banyak kertas bekas dan ingin kalian buang? Eits.. Tunggu dulu teman-teman. Sebelum dibuang ada baiknya kertas bekas tersebut kita manfaatkan terlebih dahulu untuk sesuatu yang lebih berguna dan menyenangkan. Misalnya dengan menciptakan permainan sederhana seperti “Sepak Bola Kertas Bekas“.
Merasa aneh dengan namanya? Ya, itu wajar! Karena saya sendiri pun bingung memberi nama apa permainan ini saat mulai menulis artikel ini? Yang jelas, permainan sepak bola kertas bekas ini sudah saya mainkan sejak tahun 98-an bersama dengan kakak saya di rumah. Kami lebih mengenal permainan ini dengan nama “cetak-cetok“. Karena cara kerja permainan ini yang menghentak kertas, sehingga menimbulkan bunyi “cetak” dan “cetok“. Asal usul permainan ini pun juga tidak jelas dari mana asalnya, namun orang yang pertama kali memperkenalkan permainan ini kepada saya, adalah kakak saya. Saya mencoba mencari tahu dan bertanya kepada beberapa teman yang seumuran dengan saya, namun hampir semua teman saya belum pernah mendengar bahkan bermain permainan sepak bola kertas bekas yang sederhana namun mengasyikan ini.
Permainan sepak bola kertas bekas ini tidak membutuhkan banyak bahan dan harus dimainkan di tempat yang cukup luas. Misalnya di kamar tidur kamu. Saya dan kakak saya, lebih senang bermain sepak bola kertas bekas ini di lantai. Karena selain luas, lantai juga licin sehingga memudahkan kami untuk dapat mengendalikan pemain bola sepak bola kertas bekas ini. Selain itu, dulu saya dan kakak saya bermain dengan 1 tim full dengan 11 pemain. Yang artinya kami butuh tempat yg cukup luas untuk menempatkan 22 pemain di lapangan.
Sebelum memulai permainan sepak bola kertas bekas ini, kalian harus mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menciptakan permainan ini, misalnya seperti:
Bahan-Bahan untuk Sepak Bola Kertas
1. Kertas bekas ukuran A4 (Biasanya saya memakai kertas bekas – salah print)
2. Alat tulis, seperti pensil dan spidol
3. Alat mewarnai, seperti pensil warna atau spidol warna
Setelah memiliki semua alat yang dibutuhkan, sekarang kalian harus membuat 3 elemen penting dalam permainan sepak bola kertas bekas ini. Yang pertama kalian harus membuat beberapa pemain sepak bola nya. Agar permainan ini lebih seru pilih tim sepak bola kesayangan mu untuk kamu kendalikan. Kalau saya suka Manchester United, sehingga dalam contoh permainan sepak bola kertas bekas ini saya memakai beberapa pemain Manchester United untuk dijadikan contoh. Yang kedua kalian harus membuat gawang dan yang ketiga adalah membuat bola.
1. Membuat Pemain untuk Sepak Bola Kertas Bekas
Dalam menciptakan pemain, bahan yang dipergunakan adalah kertas bekas, alat tulis dan alat mewarnai.  Ayo siapkan bahannya, lalu ikuti instruksi dibawah ini. Klik gambar yang tersedia untuk membantu mu membuat pemain sepak bola idola mu untuk sepak bola kertas bekas.
Membuat Pemain dari Kertas
Step-by-step cara pembuatan pemain (Klik untuk memperbesar gambar)
Berikut penjelasan dari gambar diatas:
1. Ambil kertas bekas ukuran A4 dan lipat menjadi dua (lihat gambar nomor 2)
3. Lipat lah kertas tersebut, sehingga semakin mengecil
4. Setelah kertas sudah mulai mengecil, lipatlah bagian tengah sehingga kertas menjadi seperti bentuk V terbalik (lihat gambar nomor 5 dan 6)
7. Gambarlah wajah pemain di permukaan kertas dengan menggunakan pensil terlebih dahulu, agar jika ada kesalahan dapat kalian hapus sebelum ke tahap berikutnya
8. Kemudian warnailah wajah pemain yang sudah kalian buat sebelumnya dengan pensil warna
Contoh 3 pemain Manchester United yang saya buat untuk permainan sepak bola kertas bekas kali ini adalah Wayne Rooney, Phil Jones dan David De Gea. Memang gambar hasil buatan saya jauh dari kemiripan dengan aslinya. Tapi dengan adanya wajah para pemain beserta kostum kebanggaan tim yang kalian gambar sendiri, membuat permainan ini akan  jauh lebih seru. Karena seakan-akan kalian sedang mengendalikan pemain idola kalian dalam permainan sepak bola kertas bekas ini.
Pemain Dari Kertas
Contoh hasil jadi pemain buatan. Rooney – Phil Jones dan De Gea (Klik untuk memperbesar gambar)
2. Membuat Gawang untuk Sepak Bola Kertas Bekas
Bahan yang dibutuhkan dalam membuat gawang, hanya 1 buah kertas bekas. Konsep dari pembuatan gawang ini mirip dengan cara melipat untuk membuat perahu dari kertas. Pasti kalian tidak asing kan dengan seni origami untuk membuat perahu? Untuk lebih jelas, klik gambar dibawah ini dan baca instruksi yang berada di bawah gambar.
Membuat Gawang dari Kertas
Step-by-step cara pembuatan gawang (Klik untuk memperbesar gambar)
Berikut penjelasan dari gambar diatas:
1. Ambil kertas bekas ukuran A4 dan lipat menjadi 2 (dua)
2. Setelah kertas menjadi 2 (dua) lipatan, tekuk kedua sudut atas – kanan dan kiri sehingga menjadi segitiga
3. Setelah  menjadi segita sudut atas kanan dan kiri nya, lipat keluar ke 2 sisi bagian bawah
4. Setelah sudah dilipat ke dua sisi bagian bawah, lipatlah ujung-ujung nya kedalam sehingga membentuk kertas berubah bentuk menjadi segitiga
5. Lipatlah sudut segitiga ke arah bawah
6. Masukan lipatan sudut yang sudah dibuat kedalam kantong bawah segitiga
7. Renggangkan setiap sisi ke atas, kebawah, ke kanan dan ke kiri
8. Dan sekarang jadilah sebuah gawang
3. Membuat Bola untuk Sepak Bola Kertas Bekas
Sekarang kita sudah sampai di tahap terakhir dalam permainan sepak bola kertas bekas ini. Yaitu dengan membuat bola nya. Bahan yang digunakan hanya sebuah kertas bekas berukuran 3 x 3 cm yang sudah terlebih dahulu kalian gunting. Seperti apa cara membuatnya? Coba kalian lihat gambar dibawah ini beserta instruksi di bawah gambar.
Membuat Bola Kertas
Step-by-step cara pembuatan bola (Klik untuk memperbesar gambar)
Berikut penjelasan dari gambar diatas:
1. Potong kertas dengan ukuran 3 x 3 cm
2. Buat gumpalan dari kertas tersebut hingga menjadi bentuk lingkaran
3. Padat kan lingkaran, sehingga berbentuk bulat persis seperti bola
Gawang Pemain dari Kertas
Setelah pemain, gawang dan bola yang kalian buat sudah siap, sekarang saatnya mencoba untuk mulai memaikan sepak bola kertas bekas ini. Apabila kalian membuat 11 pemain, kalian akan dapat bermain dengan 1 tim full dan dapat menempatkan mereka seperti formasi sepak bola yang sesungguhnya, misalnya 4-4-2 atau 4-3-3. Seperti apa permainan sepak bola kertas bekas ini? Ayo kita tonton dulu tutorial video di bawah ini.
Cara simple bermain sepak bola kertas bekas:
1. Tempatkan pemain-pemain di posisi yang kalian inginkan. Misalnya, seperti penjaga gawang di depan mistar gawang, pemain belakang ada di depan kiper dan pemain tengah serta pemain depan di posisi paling depan.
2. Tempatkan lah bola pas di depan pemain, lalu hentak-an kertas nya sehingga bola dapat terbang melambung ke arah gawang.
Selamat mencoba bermain sepak bola kertas bekas bersama keluarga, teman atau pacar kalian! : )
Article & Photo by: Ivyanno Canny

1 komentar:

agen bola mengatakan...

wahhh.. oke juga tuh dicoba ^^

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Created By Hafis JF