Senin, 13 Januari 2014

Artikel - Kumpulan MMORPG Terbaru 2014 Yang Wajib Ditunggu

Kumpulan MMORPG Terbaru 2014 Yang Wajib Ditunggu
Tidak terasa akhir tahun 2013 sudah di depan mata. Kalau diingat-ingat, sepertinya tahun ini industri game MMORPG cukup mengecewakan. Tidak banyak MMORPG yang dirilis yang cukup menarik. Neverwinter Online, Firefall, dan Dragons & Emperors Online adalah MMORPG baru yang saya anggap cukup baik, dan sebenarnya tiga adalah jumlah yang sangat sedikit bagi saya.
Tapi setidaknya tahun depan akan menjadi tahun yang lebih menyenangkan untuk para fans MMORPG, berkat banyaknya jumlah MMORPG yang sudah diumumkan akan dirilis pada tahun 2014. Berikut daftar MMORPG yang akan datang yang wajib kamu mainkan saat rilis nanti!

MMORPG | Screenshot 1

Wildstar adalah sebuah MMORPG dengan konsep yang unik dalam segala aspek, mulai dari aktivitasnya, sistem pertarungannya, sistem profession, sampai ke presentasinya. Wildstar menggunakan desain grafis yang membuat saya teringat pada film-film animasi 3D seperti Despicable Me dan Entangled. Wildstar menjanjikan gameplay yang seru dan fast-paced, dimana sepanjang pertarungan musuh akan mengeluarkan “proyeksi” arah serangan yang dapat kamu hindari sebelum serangan tersebut dilakukan.
Wildstar memiliki konsep menarik dimana kamu bisa memilih satu dari empat “profesi” yang akan menentukan seperti apa questmu. Sebagai contoh, explorer akan mendapatkan quest yang berfokus pada balapan lari dan mencapai tempat-tempat unik yang sulit dijangkau, sementara soldier akan mendapatkan quest untuk melawan monster-monster berbahaya yang jauh lebih sulit dari monster biasa.
Wildstar juga memiliki sistem rumah yang sepertinya sangat seru. Saat ini sudah banyak sekali game MMORPG yang memungkinkanmu untuk memiliki rumah, tapi di Wildstar kamu tidak hanya akan memiliki sebuah rumah, tapi sebuah PULAU! Yap, setiap pemain akan memiliki sebuah pulau mini yang bebas didekorasi. Selain itu, Wildstar Online juga memiliki sistem dekorasi yang kompleks dimana kamu bebas meletakkan furnitur secara bebas. Saat ini menurut saya Wildstar memiliki kesempatan besar untuk menjadi MMORPG terbaik dan teramai di tahun 2014.
Apakah MMORPG ini gratis? Kemungkinan besar pertanyaan ini sudah muncul di benakmu saat ini, dan sayangnya MMORPG ini berbayar. Kamu harus membeli game ini (yang saat ini dipatok dengan harga $59.99 atau sekitar 730 ribu rupiah, sudah termasuk dengan langganan satu bulan) dan masih juga harus membayar biaya berlanggan $14.99 atau sekitar 180 ribu rupiah setiap bulannya.
Namun, dalam game ini kamu bisa bekerja keras untuk bisa membeli C.R.E.D.D, yaitu sebuah item in-game yang akan memperpanjang waktu langgananmu selama sebulan saat digunakan. C.R.E.D.D disini dapat kamu beli dari pemain lain yang menjualnya menggunakan uang in-game, jadi jika kamu rajin mengumpulkan uang di dalam game, bisa saja kamu tidak perlu membayar sama sekali biaya langganan dan hanya mengeluarkan uang untuk membeli gamenya saja!
Release Date: Q1 2014 | Website: Wildstar

MMORPG | Screenshot 2

Bagi yang pernah memainkan Skyrim harusnya sudah pernah mendengar MMORPG yang satu ini dan sudah tidak sabar menunggu untuk mencicipinya. Elder Scrolls Online adalah game MMORPG pertama dari Bethesda yang terkenal berkat seri RPG Elder Scrolls dan Fallout yang dikenal oleh banyak gamer sebagai salah satu RPG dengan sistem sandbox yang sangat bagus.
Tidak seperti kebanyakan MMORPG lain, di Elder Scrolls Online semua seranganmu akan dilakukan secara manual ala hack and slash dan dalam first person perspective. Artinya kamu akan memainkan RPG yang terasa seperti bermain FPS! Elder Scrolls Online juga menjanjikan sistem class yang tidak linear, dimana kamu bisa membentuk karakter dengan berbagai kemampuan yang berbeda-beda dan tidak masuk akal sekalipun. Mau membuat prajurit dengan armor tebal yang pandai sihir? Bisa. Penyihir yang pandai menggunakan busur dan panah? Bisa.
Elder Scrolls Online juga memiliki sistem world PVP dimana terdapat tiga faksi yang bisa kamu pilih. Perang akan dilakukan di tengah benua dimana ketiga faksi akan bertemu dan memperebutkan tahta. Oh ya, di game ini kamu bisa menjadi raja! Saat ini belum diketahui seperti apa sistemnya, tapi faksi yang memenangkan pertarungan akan memiliki seorang pemain yang diangkat menjadi raja. Selain itu, Elder Scrolls Online juga menjanjikan server gabungan raksasa dimana server yang tersedia akan sangat sedikit atau bahkan hanya satu, sehingga semua pemain di seluruh dunia akan bermain di server yang sama dan bisa saling bertemu.
Sama seperti Wildstar, Elder Scrolls Online menggunakan sistem subscription, dan sayangnya hingga sekarang belum ada pengumuman apapun mengenai cara untuk menghindari pembayaran subscription seperti yang ditawarkan oleh Wildstar. Harga dari game-nya sendiri juga masih belum diumumkan.
Release Date: Q1 2014 | Website: Elder Scrolls Online

MMORPG | Screenshot 3
ArcheAge adalah sebuah MMORPG dari Korea yang mungkin saat ini masih menjadi MMORPG yang paling saya tunggu-tunggu. Sebenarnya ArcheAge sendiri sudah dirilis di Korea, dan menurut rumor kurang sukses disana karena rancangannya yang sejak awal dirancang untuk gamer barat. Yang jelas, dilihat dari konsep game ini, ArcheAge sangat berpotensial menjadi game sandbox MMORPG yang sangat sukses. ArcheAge memiliki sistem pertarungan point-and-click tradisional seperti World of Warcraft, dimana saat bertarung kamu menggunakan quickbar yang ada di bawah layar untuk mengaktifkan berbagai skill.
Yang membuat ArcheAge menarik bukan di sistem pertarungannya, melainkan berbagai fitur-fitur simulasi yang sangat mengagumkan. Saat memulai permainan kamu harus memilih salah satu dari dua faksi yang ada dan bertarung melawan faksi lainnya. Namun saat kamu mencapai level tertentu, kamu bisa meninggalkan faksimu dan pergi ke dunia baru untuk bergabung atau membuat guild-guild dimana faksimu tidak lagi penting.
Di dunia baru ini setiap kota yang ada adalah kota buatan player lain, dan setiap guild bisa bertarung pada waktu tertentu untuk memperebutkan wilayah. Nah, disini kota dibangun secara manual, dimana posisi rumah, pertanian, dan bangunan lainnya semua ditentukan oleh para pemain. Bahkan tembok pun harus dirancang dan dibangun sendiri! Artinya bisa saja kamu membangun kastil di pinggir laut yang sulit diserang dari darat, namun mudah dibombardir dari laut.
Ngomong-ngomong tentang laut, di dalam game ini laut memegang peranan yang cukup besar dimana para pemain bisa memancing, berburu harta karun laut, perang, sampai melakukan perdagangan. Gambar di layar kapal bisa kamu buat sendiri, dan saya sudah pasti akan memasukkan lambang Straw Hat Pirates dari One Piece ke kapal saya saat memainkannya nanti! Masih banyak lagi fitur-fitur yang akan membuatmu kagum, seperti fitur dekorasi rumah, sistem bercocok tanam, sistem crafting yang mendalam dan sangat berpengaruh dalam game, sistem pasar, sampai sistem kriminal.
Pernahkah kamu melihat sebuah game MMORPG dimana kamu bisa ditangkap karena melakukan perbuatan kriminal? Mungkin pernah. Tapi di ArcheAge, saat kamu ditangkap kamu tidak akan langsung dipenjara, melainkan disidang terlebih dahulu. Juri dari sidang adalah pemain lain yang bebas menentukan nasibmu berdasarkan barang bukti yang ada. Selain itu, kamu akan dipenjara jika memang terdapat barang bukti, sehingga bisa saja kamu membunuh ratusan pemain tapi tidak dianggap kriminal. Barang bukti ini muncul saat kamu melakukan kejahatan, seperti saat kamu membunuh pemain lain akan ada bercak darah di tanah yang bisa diambil pemain lain untuk digunakan sebagai barang bukti kamu di sidang. Lumayan detil ya sistemnya?
Saat ini belum diketahui sama sekali sistem pembayaran apa yang akan digunakan untuk ArcheAge server internasional, namun sampai sekarang dipercaya ArcheAge akan menggunakan sistem subscription seperti game-game MMORPG lainnya yang saya sebutkan sebelumnya. Bagi kamu yang tertarik untuk mengecek websitenya, saya berikan sedikit peringatan, karena saya harus menunggu selama 15 menit sampai akhirnya websitenya bisa saya akses saking beratnya. Tapi dapat saya pastikan bahwa kamu tidak akan menyesal setelah berhasil mengaksesnya.
Release Date: Unknown | Website: ArcheAge

MMORPG | Screenshot 4
Sebenarnya saya sedikit curang karena memasukkan game ini ke daftar MMORPG, berhubung game ini sebenarnya bukan MMORPG. Destiny adalah sebuah FPS co-op dimana kamu beserta teman-temanmu dan pemain lain bersatu untuk menjalankan quest dan menumpas musuh. Sudah dipastikan di Destiny akan terdapat tiga ras yang bisa kamu pilih yaitu Humans, Awoken, dan Exo. Selain itu juga terdapat tiga class yang bisa kamu pilih yaitu Hunter, Warlock, dan Titan.
Hunter adalah class yang dengan armor dan senjata yang ringan sehingga bisa bergerak cepat. Bisa dibilang Hunter adalah semacam pengintai atau koboi dari game ini. Seperti namanya, Warlock adalah class “magic” yang mampu melakukan berbagai serangan-serangan bertema sihir. Tentunya Warlock masih bisa menggunakan senjata seperti biasa, hanya saja tidak sebaik Hunter dan Titan. Class terakhir, Titan, adalah class yang menggunakan armor tebal dan senjata ukuran raksasa seperti railgun dan machine gun.
Dalam Destiny kamu menjadi Guardians, prajurit elit yang bertugas untuk melindungi kota terakhir manusia di muka bumi. Sepanjang permainan kamu hanya akan bermain dengan maksimal dua teman, dan kamu bisa menggunakan sistem matchmaking yang akan memungkinkan pemain lain untuk bermain denganmu secara seamless. Dengan kata lain kamu tidak perlu menunggu di lobi atau loading lama agar bisa bermain dengan orang lain. Destiny juga memiliki sistem random event yang cukup unik, dimana sepanjang permainan akan ada event-event mendadak yang muncul dan mengubah permainan. Sebagai contoh mendadak sebuah kapal invasi datang saat kamu melakukan quest dan mendadak kamu akan diserbu oleh jauh lebih banyak musuh dari yang seharusnya.
Sebenarnya informasi mengenai Destiny belum banyak beredar, tapi yang membuat saya yakin game ini akan menjadi game yang bagus karena yang membuatnya adalah Bungie. Bungie sendiri adalah game developer yang selama ini tidak pernah membuat game FPS yang buruk, dan mencapai kesuksesan berkat seri HALO. Hanya dengan mengetahui game ini dibuat oleh Bungie saya sudah cukup optimis bahwa game ini akan sangat bagus. Sayangnya saat ini belum ada informasi sama sekali mengenai sistem pembayaran Destiny.
Release Date: 2014 | Website: Destiny
MMORPG | Screenshot 5
EverQuest Next mungkin adalah MMORPG yang dipercaya akan menjadi pionir dari MMORPG generasi baru setelah World of Warcraft. EverQuest Next adalah sebuah game dengan dunia voxel-based yang dapat dihancurkan. Selama ini MMORPG tidak pernah memiliki bangunan atau objek apapun yang dapat dihancurkan (kecuali objek khusus untuk quest), dan EverQuest Next sebaliknya akan memunculkan sebuah dunia yang nyaris bisa dihancurkan seluruhnya. Tidak hanya itu, dunia EverQuest Next akan berlapis-lapis, sehingga saat kamu jatuh ke sebuah jurang, kemungkinan kamu tidak akan mati begitu saja, melainkan masuk ke sebuah dunia baru.
EverQuest Next juga memiliki konsep dunia yang “hidup”, dimana segala hal yang dilakukan pemain akan membawa pengaruh. Sebagai contoh jika terdapat pemburu ilegal yang camping di sebuah hutan, maka kemungkinan populasi rusa akan mulai berkurang. Jika pemain mulai membantai para pemburu ini, populasi rusa akan bertambah atau mungkin membengkak, dan sebaliknya memancing para kawanan serigala dari hutan sebelah untuk bermigrasi. Akibatnya populasi rusa kembali normal dan muncul monster jenis baru, yaitu serigala di hutan tersebut. Dengan sistem ini artinya kamu akan seringkali menemukan banyak perubahan dari suatu daerah, dan kamu tidak akan selalu harus berpindah ke tempat khusus untuk menemukan monster tertentu.
Sistem dunia hidup ini bahkan bisa berpengaruh ke kota atau desa dimana bisa saja seluruh penduduk suatu desa semua dibantai oleh monster tertentu yang muncul karena terjadinya sesuatu di daerah tersebut. Nah, beberapa bagian dari dunia hidup ini ada yang bersifat permanen, seperti misalnya kematian seorang NPC raja (yang otomatis raja berikutnya akan berbeda) atau bahkan kemunculan dewa baru. Sepertinya sistem ini dirancang agar para pemain tidak pernah bosan dan selalu menemukan hal baru untuk dilakukan.
EverQuest Next juga mengenalkan sebuah aplikasi bernama Landmark, yaitu aplikasi yang memungkinkan para pemain untuk membuat apapun, dari bangunan, peta, sampai objek tertentu. Landmark ini sebenarnya adalah aplikasi yang terpisah total, namun jika kamu membuat sesuatu yang bagus, objek tersebut bisa saja dimunculkan di game lewat update baru. EverQuest Next memiliki sistem class yang mirip dengan Elder Scrolls Online, dimana kamu bebas mengutak-ngatik classmu secara bebas, sehingga kamu bisa membuat pemanah yang bisa teleport atau prajurit ber-armor tebal yang jago mengendap-endap.
Release Date: 2014 | Website: EverQuest Next

Honorable Mention

Itulah lima MMORPG (oke, empat MMORPG dan satu co-op FPS) yang akan datang di 2014 (kemungkinan besar). Masih ada beberapa MMORPG yang cukup bagus yang cukup menarik meskipun belum cukup baik untuk masuk ke jajaran “wajib ditunggu”.

The Repopulation

MMORPG | Screenshot 6
Jika kamu pernah memainkan Star Wars Galaxies, The Repopulation adalah game serupa dengan berbagai fitur yang dirancang lebih baik dari SWG. The Repopulation adalah MMORPG unik dimana pertarungan bukan menjadi aspek utama dari gamenya, dan sebaliknya crafting menjadi aktivitas utama. Yang menarik, meskipun pertarungan bukan aspek utamanya, The Repopulation menggunakan sistem first person dalam pertarungannya. Game ini bukan sebuah MMORPG yang akan disukai oleh banyak orang, namun bagi kamu yang suka menciptakan barang, menjual barang di pasar, atau mendekorasi rumah, mungkin game ini bisa menjadi MMORPG favoritmu. The Repopulation saat ini sedang menjalankan kickstarter untuk mendapatkan dana tambahan.
Website: The Repopulation

Lineage Eternal

MMORPG | Screenshot 7
Siapa yang tidak tahu Lineage II? Indonesia kedatangan sebuah MMORPG keren beberapa tahun yang lalu saat Lineage II dipublish oleh Megaxus. Nah, NCSoft, pencipta dari Lineage sudah membuat seri Lineage baru yang diluar dugaan, menjadi game action RPG ala Diablo. Lineage Eternal menjanjikan sebuah storyline dan adegan-adegan keren seperti memimpin ratusan prajurit untuk menyerang kastil raksasa. Lineage Eternal juga memiliki konsep unik dimana kamu bisa menarik mouse di layar untuk mengeluarkan skill. Sebagai contoh kamu mengklik tanah dan menarik ke arah tertentu untuk mengeluarkan tembok api.

Itulah semua daftar MMORPG yang wajib kamu tunggu di tahun depan! Kebanyakan dari MMORPG ini sayangnya adalah pay to play atau buy to play, tapi selama ini game MMORPG yang berbayar selalu memiliki kualitas yang jauh lebih baik dari MMORPG gratis. Kita hanya bisa berharap di tahun 2014 nanti kita akan kedatangan MMORPG gratis. Apakah ada diantara game disini yang memang sudah menarik perhatianmu sejak dulu?

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Created By Hafis JF