Jumat, 23 November 2012

Tips n Trick - 8 Tips Untuk Seorang Blogger Pemula


Kira-kira sudah hampir 4 tahun saya mengenal dunia blog. Kalau di ibaratkan anak kecil, pasti lagi unyu-unyu-nya alias lagi lucu dan nge-gemesin seperti admin blog ini :p hehehe. Saat masuk ke dunia blog, awalnya saya bingung untuk memmbuat blog bertema apa, posting tentang apa dan banyak lagi masalah lainnya. Umumnya bagi blogger pemula akan kesulitan bila baru masuk ke dunia blog. Oke di postingan kali ini saya akan menyampaikan beberapa tips unik dan menarik khusus untuk mereka yang baru masuk ke dunia blog. Di baca secara seksama yah :

1. Jangan Ikut-Ikutan

Blogger sekarang cenderung mengikuti trend yang sedang boomingWell, kalau masih dalam tema yang sama namun isi postingannya berbeda masih tidak apa-apa. Namun jika mengusung tema yang sama dan isi postingannya sama persis alias 100% copas ya sama saja bohong. 

Jika kamu baru masuk kedunia blog, usahakan mengetahui isi dari blog yang kamu bahas. Contohnya begini, jika blog kamu membahas tentang dunia otomotif, tentunya kamu harus mengetahui dasar-dasar yang terdapat di dalam dunia otomotif itu sendiri walaupun sedikit. Namun yang paling bagus adalah Jadi diri sendiri, artinya apa yang ingin kamu tulis di postingan, tulis dan nyatakanlah. Jangan cuma ikut-ikutan blog lain, karena itu tidak bisa membuat kamu berkembang.

2. Memperhatikan Tata Cara Penulisan

Menggunakan tata cara yang baik, sopan dan benar akan menarik perhatian pembaca blog kamu. Penulisan yang baik pun akan dapat mudah di mengerti oleh pengunjung blog kamu. Mungkin pada awalnya sulit untuk menulis dengan tata penulisan yang baik, namun seiring dengan banyaknya kamu berlatih menulis dan seringnya kamu membaca postingan-postingan di blog orang lain yang  bermanfaat, akan membuat tata cara penulisan kamu semakin baik. 

3. Jangan Ragu Untuk Belajar

Maksudnya adalah jangan ragu untuk "mencuri" ilmu dari orang lain. Di dunia ini tidak ada seorang pun yang lahir dengan kepintaran dan kecerdasa. Semuanya membutuhkan proses dan waktu yang cukup lama. Jika kamu menemukan artikel yang bermanfaat di blog orang lain, janganlah ragu untuk mempelajarinya atau lebih bagus lagi bertanya kepada sang pemilik blog. Karena dengan bertanya akan membuka wawasan-wawasan lainnya dan memberikan kamu ilmu yang bermanfaat. Dan setelah selesai mempelajarinya, jangan lupa juga untuk menerapkannya, kalau bertanya dan sudah mengerti, lalu tidak di implementasikan maka hasilnya pun akan nihil.

4. Menggunakan Gambar yang Menarik

Jika biasanya mengambil gambar dari google, usahakanlah untuk menggunakan gambar kita sendiri. Apalagi gambar yang kita tampilkan di blog kita berkualitas bagus, tentunya akan menarik pengunjung serta pembaca untuk berlama-lama di blog kita.

5. Menulis Untuk Pembaca Bukan Untuk Mesin Pencari

Tidak ada yang meragukan untuk membuat blog menjadi terkenal adalah dengan melakukan berbagai macam optimasi. Namun bukankah kita masuk kedunia blog ini untuk dibaca oleh para pembaca ? bukan untuk si google ?. Well, pasti kamu juga pernah melihat blog yang isinya cuma biasa-biasa saja namun memiliki banyak pengunjung. Namun apa yang mereka berikan pastinya akan sia-sia, lagipula pengunjung yang datang pun hanya akan sekali-sekali datangnya. Dan juga siapa yang ingin datang lagi ke blog yang isinya cuma sampah ?

Fokuslah untuk memanjakan pembaca blog, bukan untuk meminta-minta dan mengikuti keinginan search engine. Jika postingan yang kamu hasilkan bernilai tinggi, maka google, bing dan yahoo lah yang akan menuruti kamu dan mencintai blog kamu.

Baca Juga :

6. Optimalkan Media Sosial

Kamu yang masih awam dunia blog akan lebih baik menggunakan media sosial seperti facebook, twitter, pinterest dll, untuk menjaring pembaca-pembaca kamu. Promosi blog di SocMed akan lebih mudah dilakukan blogger pemula. Dan tentunya akan menarik pengunjung untuk datang ke blog kamu.

7. Interaksi Dengan Sesama Blogger

Ini juga hal yang penting, sesama blogger adalah bersaudara, entah itu tua, muda, yang sudah lama atau yang masih baru, Walaupun menggunakan platform blog yang berbeda-beda mereka semua adalah sama, yakni sebagai blogger. Cobalah berinteraksi dengan blog lain, sekedar mengisi buku Cbox atau lebih bagus lagi berkomentar. Dengan berkomentar antar blog tentunya akan membangun chemistry antar blogger itu sendiri. Semakin banyak berinteraksi, semakin banyak pula pembaca yang kamu dapatkan.

8. Nge-blog Dari Hati

Inilah salah satu inti dari blog itu sendiri. Mulai lah blog dari dalam hati dengan keseriusan namun dengan pembawaan yang santai. Nge-blog itu bukan pembawa berita yang terkesan kaku, jika kamu memiliki cerita yang menarik, informatif yang bisa kamu bagikan kepada pembaca, maka bagikanlah tentunya hal ini akan memberikan manfaat bagi blogger lainnya dan juga kamu.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips yang bisa saya berikan untuk kamu yang baru berkecimpung di dunia blog. Jika dari kalian ada yang memiliki tips untuk para blogger pemula, jangan sungkan untuk membagikannya di sini. Tinggalkan tips dan trik kamu untuk para blogger pemula di kolom komentar. Peace :)

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Created By Hafis JF