Jumat, 23 November 2012

Tips n Trick - 8 Tips Membuat Loading Blog Lebih Cepat



Sangat menjengkelkan bila kita mengunjungi suatu blog yang loadingnya lama sekali. Biasanya blog yang memiliki loading yang lama terlalu banyak memasang widget, script atau gambar yang menyebabkan loading terlalu lama. Dan di postingan kali ini saya akan menjelaskan tips-tips untuk membuat blog yang kamu kelola berlari lebih cepat.

1. Simpan File Javascript di Google Code

Menyimpan file-file javascript di file hosting milik google akan membantu blog kamu berjalan lebih cepat. Javascript sendiri banyak digunakan untuk efek-efek pada blogger. Entah itu sebagai widget dan lain sebagainya. Kamu bisa membuat akun Google Code kamu sendiri di sini. Dan ikuti langkah-langkahnya disini

2. Singkirkan Kode-Kode yang Tidak Berguna

Menyingkirkan kode-kode yang tidak berguna dari template kamu juga dapat mempercepat loading blog kamu. Jika di template kamu terdapat kode JS, Jquery atau kode CSS yang tidak ada gunanya di blog, Lebih baik singkirkan dari sekarang.

3. Hapus Widget yang Tidak Berguna

Nah ini juga tidak kalah penting, bahkan widget sering kali di "kambing hitam" kan oleh sebagian blogger sebagai penyebab loading blog menjadi lama. Memang memasang widget akan membuat tampilan blog lebih fresh dan berwarna, namun jangan terlalu banyak. Jika terlalu banyak memasang widget, dan membuat blog menjadi lama, kamu akan kehilangan para pengunjung blog kamu.

4. Kurangi Tombol Sosial Media

Sebenarnya penggunaan tombol sosial media sangat penting guna membangun trafik pengunjung dan blog kamu. Namun hindari penggunaan yang terlalu banyak. Sekarang, banyak juga situs-situs yang menyediakan tombol sosial media secara gratis seperti AddThis ataupun ShareThis. Gunakan saja tombol sosial media yang populer seperti Facebook, Twitter, Google Plus ataupun Pinterest. Saya sendiri menggunakan addthis dan loading blog saya tidak terlalu berat :)

5. Jangan Gunakan Plugin Komentar Tambahan

Maksudnya adalah fitur komentar yang asalnya bukan dari blogger. Pasti kamu pernah mendengar InstantDebate, Disqus, atau Fitur Komentar yang asalnya dari Facebook ? Jika blog kamu menginstall plugin-plugin tersebut, itulah juga yang menyebabkan blog kamu berjalan lama. Kalau tidak percaya, coba kamu kunjung blog yang menggunakan fitur komentar dari  blogger dengan yang bukan dari blogger. Mana yang lebih cepat ? 

6. Kurangi Postingan Di Homepage

Mengurangi jumlah postingan di homepager juga dapat meningkatkan kecepatan blog. Batasi jumlah postingan di homepage pada blog. Gunakan fitur readmore pada postingan atau tampilkan saja judul postingan pada blog, maka blog kamu akan berlari wusshhh wuusshhh.

7. Gunakan Template Minimalis

Template yang minimalis akan membuat loading blog lebih cepat dibandingkan blog yang terlalu berwarna. Memang bagus jika blog berwarna terkesan lebih cerah dan tidak kaku, namun jangan terlalu banyak menggunakan warna.

8. Kompress Kode CSS dan Javascript

Well, mengecilkan ukuran dari JS dan CSS juga akan membuat blog lebih cepat. Karena browser tidak akan memakan waktu yang terlalu lama dalam proses memuat javascript. Sudah banyak situs dan blog yang menyediakan tools gratis untuk mengkompress Javascript dan CSS. Kamu bisa cari cara dan tools-nya di google.

Mungkin hanya segitu saja yang bisa saya berikan, ada tips yang lain dari kawan-kawan blogger ? tinggalkan tips kamu di komentar :)

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Created By Hafis JF