Jumat, 23 November 2012

Serba 7 - 7 Trik Membuat Artikel Lama Menjadi Populer

Ada kalanya seorang blogger ingin postingan-postingan lamanya di tampilkan dan dibaca kembali oleh para pengunjungnya. Kenapa ? mungkin saja al yang dia tulis di masa lalu tersebut sangat berkesan baginya dan ingin membagi pengalamannya untuk orang lain. Namun yang menjadi kendala adalah dalam hal menampilkan postingan tersebut kembali. Biasanya postingan-postingan yang "jadul" tersebut sudah terkubur oleh postingan-postingan yang baru. Nah, berikut ini saya akan membagikan beberapa tips dan trik bagaimana postingan-postingan lama kamu muncul kembali dan menjadi populer !. Di baca baik-baik oke !

1. Repost

Melakukan re-post atau di publis ulang adalah salah satu cara yang paling tepat untuk mempromosikan kembali postingan kamu. Dengan melakukan hal ini, postingan kamu akan kembali tampil. Dan pengunjung yang sebelumnya tidak pernah membaca postingan jadul kamu tersebut akan membacanya.

2. Bagikan Di Sosial Media

Membagikan artikel-artikel yang sebelumnya tidak pernah terbaca di media sosial juga cukup bagus untuk meningkatkan kembali penayangan pada artikel tersebut. Apalagi jika kamu mempunyai fans di facebook yang lumayan banyak, hal ini juga bisa membuat artikel lama kamu populer kembali.

3. Gunakan Internal Link

Menggunakan internal link pada blog baru menuju ke blog lama juga akan meningkatkan ke populeran artikel lama kamu. Di beberapa postingan saya pun, saya sering melakukan internal link kepada postingan-postingan lama saya. Dan hal in terbukti efektif !

4. Mintalah Komentar

Rasanya akan "aneh" bila kita meilihat postingan blog kita yang biasanya penuh dengan berbagai macam komentar, namun ketika melihat postingan lama tidak mempunyai komentar sama sekali. Mintalah beberapa teman blogger untuk mengomentari artikel lama kamu.

5. Menggabungkan Artikel

Menggabungkan artikel yang baru dengan yang lama adalah cara yang bagus juga untuk mempromosikannya. Postingan-postingan lama pun akan kembali terbaca dan terlihat lebih menarik pula. Karena di selingi dengan "bumbu-bumbu" baru. Di beberapa postingan saya pun sering menggabungkan artikel lama saya dengan artikel yang baru. 

6. Gunakan Widget Artikel Acak

Jangan meremehkan widget yang satu ini. Widget ini akan menampilkan artikel-artikel secara acak yang ada di blog kamu. Biasanya widget ini akan menertbitkan artikel-artikel lama kamu. Sangat bermanfaat untuk menampilkan kembali artikel kamu yang sudah lama terpendam

7. Gunakan Widget Artikel Terkait

kegunaannya sama seperti random post (artikel acak), namun untuk penggunaan artikel terkait lebih terstruktur karena biasanya widget ini akan menampilkan artikel per-label. Sudah banyak pula tutorial untuk membuat artikel terkait ini. Dan cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan widget link within. Saran saya letakkan artikel ini di bawah postingan untuk menambah jumlah penayangan artikel lama kamu.

Kesimpulan

Itulah cara-cara yang bisa saya berikan guna menghidupka kembali artikel lama kamu. Jika kamu memiliki cara lain selain hal diatas, jangan ragu untuk membagikannya kepada pengunjung disini :) 

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Created By Hafis JF