Jumat, 23 November 2012

Serba 7 - 7 Cara Mendapat Pengunjung Dengan Mudah


Siapa sih yang tidak ingin trafik pengunjung blognya tinggi ? postingannya di baca banyak orang ? dan artikel-artikelnya yang bermanfaat di bagikan orang lain ? tentunya akan sangat-sangat mau seperti itu bukan ?. Terlebih lagi untuk seorang blogger, pastinya memiliki trafik pengunjung yang tinggi menjadi impian sebagian kalangan blogger.

Ada banyak cara yang dilakukan untuk membangun trafik yang tinggi, salah satunya adalah dengan teknik SEO. Teknik SEO sendiri itu ada lumayan banyak sekali, seperti kita harus mencari keyword yang cocok untuk blog kita, memasang beberapa kata untuk meta tag, optimasi gambar, dan lain sebagainya.

Baiklah jika kamu tidak terlalu mengerti tentang SEO atau bahkan tidak peduli tentang SEO kamu masih bisa mendapatka trafik pengunjung yang banyak dan melimpah. Caranya pun sangatlah mudah, tidak perlu mengutak-atik template blog, memasang kode dan tahu tentang bahasa programming lainnya. Pemula pun bisa melakukan teknik ini. Oke, sekarang kamu perhatikan teknik kece untuk dapatkan banyak pengunjung.

1. Content is The Real KING

Konten. Yup benar, tulislah artikel-artikel dan konten yang bermanfaat untuk para pembaca setia kamu, memang pada awalnya akan sedikit kesulitan untuk menulis artikel yang baik dan bagus, namun seiring dengan banyaknya kamu menulis pada blog, hal itu bukanlah masalah besar. Seimbangkan jumlah frekuensi artikel di blog kamu. Postinglah minimal satu artikel sehari agar pembaca kamu saat mengunjungi blog kamu lagi tidak bosan dan selalu menemukan hal yang baru.

2. Berkomentar

Jika kamu membaca postingan saya tentang SEO, pasti akan banyak menemukan kata "komentar". Benar, inilah cara yang paling ampuh, mudah, murah dalam menarik pembaca. Berkomentarlah pada blog yang memiliki kualitas ranking, trafik serta artikel diatas kamu. Dengan begitu kamu pun akan mendapatkan imbasnya.

3. Menjadi Penulis Tamu Di Blog Berkategori Sama

Menjadi penulis tamu juga bisa membangun trafik pengunjung. Apalagi jika kamu menjadi penulis tamu yang sesuai dengan tema blog yang kamu punya. Itu lebih bagus lagi. Misalnya begini, kamu mengelola blog tentang dunia komputer, maka kamu harus mencari blog dengan tipe yang sama dengan kamu, kemudian kamu mendaftar jadi penulis tamu di blog tersebut. Selain membangun trafik pengunjung, menjadi penulis tamu juga bisa meningkatkan PageRank loh !

4. Penanda Sosial (Social Bookmark)

Menggunakan situs penanda sosial pada blog juga akan meningkatkan trafik dengan cepat loh. Oke, akan saya jelaskan sedikit tentang sosial bookmark. Sosial Bookmark adalah semacam pelayanan submit url gratis yang digunakan untuk menambah jumlah pengunjung. Situs social bookmark ini ada banyak sekali, hingga ribuan dari seluruh dunia. Contoh social bookmark yang terkenal adalah Digg, Pinterest, StumbleUpon, Reddit dan lain sebagainya. Dan contoh social bookmark dari Indonesia adalah lintas.me. 

Selain untuk menambah jumlah pengunjung, fungsi dari situs penanda sosial adalah untuk membantu google mempercepat pengindeksan blog kamu. Jadi semakin banyak blog kamu terdapat di social bookmark, semakin besar pula trafik pengunjung yang bisa kamu dapatkan. 

5. Promosi di Facebook dan Twitter

Sebagai 2 jejaring sosial dunia yang sedang booming, facebook dan twitter merupakan media yang paling tepat dan pas untuk mempromosikan blog. Bayangkan dengan facebook yang penggunanya hampir mencapai 1 Miliar dan juga twitter dengan ratusan juta pengguna yang ada di seluruh dunia. Mulailah promosi dengan teman facebook kamu sendiri, atau dengan follower twitter kamu. Untuk twitter, memang bagi yang followernya masih sedikit akan sedikit kesusahan dalam berpromosi, namun seiring dengan berjalannya waktu, saat blog kamu berkualitas bagus, maka orang pun akan langsung memfollow blog kamu.

6. Tanya Ke Pembaca

Bisa diibaratkan sebagai "request artikel". Untuk sesekali kamu bisa bertanya kepada pembaca kamu apa artikel yang ingin di bahas si penulis. Biasanya si pembaca akan meminta tentang artikel yang menarik dan belum terlalu mereka ketahui. Hal ini juga bermanfaat untuk menjaga hubungan baik si admin dengan pengunjung. Jika si admin memenuhi permintaan si pembaca, maka si pembaca pun akan ketagihan untuk kembali dan kembali lagi mengunjungi blog si admin.

Dan bukan tidak mungkin si pembaca akan merekomendasikan kepada pembaca lainnya bahwa blog yang di kelola oleh si admin, sangat ramah dan bagus karena adminnya aktif kepada pembacanya.

7. Aktif di Forum

Nah ketemu lagi dengan hal ini. Aktif di forum juga penting untuk membangun lalu lintas pengunjung loh ! okelah jika kamu bukan orang yang terlalu aktif di forum-forum macam kaskus, indowebster, dll. Namun kamu juga bisa memanfaatkan forum yang ada di facebook. Atau lebih tepatnya grup-grup facebook. Ikutilah semacam grup di facebook soal blogger dan mulailah aktif disana seperti share artikel, promosi blog, menjawab pertanyaan dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan untuk membangun lalu lintas pengunjung. Tidak perlu ahli SEO untuk melakukan hal diatas, semuanya bisa kamu lakukan jika kamu mempunyai kemauan. Ingat, yang penting adalah kemauan bukan kemampuan, jika punya kemampuan tanpa kemauan pun hasilnya akan nihil. Namun jika kemauan untuk membangun blog itu ada, Insya Allah, kemampuan akan datang dengan sendirinya sesuai dengan lamanya jam terbang di dunia blog.

Jika ada tips dan trik yng lain selain diatas, bisa kamu bagikan di kotak komentar, jangan ragu dan jangan sungkan. ciao :)

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Created By Hafis JF